Senin, 17 Juli 2017

Kesalahan Kecil yang Bikin CVmu Ditolak oleh Tim Perekrut

Halo para pembaca, sudah lama tak menyapa lewat kata, aih 

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman agar CV kamu dapat dipertimbangkan untuk mengikuti tahap seleksi baik pekerjaan, kerelawanan serta kegiatan lainya.

Ada beberapa kesalahan kecil yang cukup membuat para tim perektur yakin untuk menolak pengajuanmu, apa saja ya?

1. Tidak sesuai dengan Instruksi dan format yang diberikan

Hal ini terjadi pada berbagai aspek, misalnya jika diminta mengirimkan daftar riwayat hidup/CV saja, kamu juga mengirimkan berbagai hal pendukung lainnya. Hal ini perlu dihindari, mengapa? Karena sebagian besar tim penyeleksi telah melakukan pertimbangan mengapa ia hanya meminta kamu untuk mengirimkan CV saja.

Selain itu, ini dapat menjadi indikasi bahwa kamu cenderung tidak patuh pada peraturan, sah-sah saja sih berimprovisasi yang baik, namun bagi para penerima lamaran yang setiap harinya menerima ratusan pesan masuk, hal ini menjadi salah satu staregi dalam menyaring kandidat yang sesuai dengan kriteria.


2. Foto Profil
Sebagian besar perekrut, terlebih yang profesional sudah berpengalaman dalam membaca bahasa tubuh, termasuk bagaimana kepribadianmu lewat foto yang kamu tampilkan. Jika kamu sudah yakin dengan foto yang manis pada Cvmu, eits.. pastikan dahulu apakah foto profil pos elektronikmu juga mendukung. Beberapa gaya tertentu membuat perekrut illfeel dan dengan cepat menandai bahwa kamu tidak masuk dalam kualifikasi.

3. Pastikan Kamu Memberikan Lampiran


Sebelum mengirim, pastikan kamu sudah mencantumkan lampirannya. Jika body surat sudah meyakinkan lalu kamu lupa mencantumkan lampiran, lakukan hal yang sama dan kirimkan kembali sebagian perekrut akan mengerti.

4. Tidak Mencari Tahu Siapa yang Merekrutmu dan Memberi Sapaan yang Sesuai


Bersemangat mengajukan pekerjaan amat disarankan, tapi kamu juga perlu tahu ke mana kamu mengajukan aplikasimu. Perusahaan kah? Start-up kah? Atau organisasi nirlaba? Pastikan kamu menyapa tim dengan panggilan yang sesuai, tidak menyapa perusahaan Anda kepada perekrut nirlaba atau yayasan sosial.

5. Jadi Dirimu Sendiri
Saat meyakinkan tim penyeleksi, jujurlah pada diri sendiri apakah kamu benar-benar teliti hingga kamu yakin menyebutkan hal itu dalam Cvmu? Niscaya orang yang mengaku teliti tapi lupa mencantumkan lampiran atau melakukan kesalahan pengetikan maka dengan cepat tersingkirkan dari daftar pilihan. Tuliskan keunggulanmu apa adanya dan hal ini lebih dapat dirasakan oleh tim perekrut.

Demikian tips dari saya!
Semoga bermanfaat ya

Cheers
Syir

0 komentar: