Sabtu, 16 Mei 2015

Cara Tradisional yang Pernah Saya Rasakan Manfaatnya

Dear Readers,

Saya masih ingat saat kecil, bermain di rumah kakek dan nenek serta berpetualang di sana karena banyak berbagai tumbuhan dan hewan yang dipelihara disekitar kebunnya.
Tumbuhan diantaranya:
Buah:
- 4 pohon rambutan (dari 3 jenis yang berbeda, salah satunya Aceh pelat yang hijau namun manis),
- 2 pohon durian
- pohon pisang
- beberapa pohon pepaya
- pohon jambu batu
- 3 pohon nangka
- pohon singkong
- nanas
- mangga

Tumbuhan:
- daun katuk, mangkuk-mangkukan, cabai, tomat,

Bunga
melati,

 Hewan
burung kakak tua
ayam
kelinci
monyet
ikan

Udah lah ya.. pokok ya banyak tanaman itu.

- berikut ini beberapa tips tradisional dari alam untuk mengatasi beberapa permasalahan yang pernah saya rasakan manfaatnya secara nyata:
1. Terkena bulu ulet -
Dahulu saya suka memanjat pohon bersama-sama dengan saudara sepupu di kebun kakek-nenek. Salah satunya pohon jambu. Rupanya, pohon jambu tersebut juga dihampiri oleh ulet bulu. Kami yang memanjat (masih ingat bagaimana ulat itu rupanya sudah ada di pakaian saya, spontan saya singkirkan dengan polos bin kaget karena langsung dengan tangan. Maka tak dapat dipungkiri saya jadi merasa gata-gatal dan bentol-bentol.
Nenek saya memberikan ramuan dengan:
Kunyit dan kapur sirih
Caranya, kupas kunyit dari kulitnya (langsung juga bisa), lalu diparut kemudian campurkan dengan kapur sirih, lalu balurkan pada bentol-bentol itu.
Dulu kami merasa sangat nyaman dan tetap berulang kali berdekatan dengan pohon dan tak hawatir dengan ulat bulu.

2. Luka  Terkena Jari-jari Sepeda
Saat dibonceng oleh Kakak sepupu yang sangat bersemangat, saya tidak sadar kaki mendekat ke ban sepeda dan terkena jari-jari hingga mengelupas kulitnya.
Lalu ayah saya mencari bekicot di sekitar rumah nenek saya (kebetulan kebunnya luas dengan berbagai macam tanaman) dan dekat saluran air terdapat tumbuhan daun mangkuk-mangkukan. Nah, di sana lah banyak bekicot yang berkembang biak.
Sayangnya tips ini agak kejam karena untuk mengobati luka tersebut dengan cara menghancurkan ujung rumah bekicot itu untuk mendapatkan lendir. Nah lendir itulah yang diusapkan pada luka. Rasanya dingin dan meredakan perih serta dapat merapatkan luka.

3. Saat sariawan, dengan enaknya kami dapat memetik daun jarak dan getahnya langsung kami taruh diluka sariawan. Ini manjur sekali.

4. Saat ibu saya dengan menyusui adik, beliau suka memetik daun katuk di sayap kiri rumah kakek-nenek dan membuat sayur daun katuk. Rasanya enak, tapi saya belum tahu itu bagaimana khasiatnya karena belum merasakan sendiri saat menyusi. Namun dipercaya dapat menyuburkan asi.

5. Kesusuban (kemasukan benda kecil dikulit seperti serpihan kayu)
- getah pepaya, atau pepaya muda diparut lalu letakkan di luka kesusuban itu, beberapa hari kemudian kayu itu akan meluncur keluar.

- Getah pepaya juga dapat meredakan luka bakar

6. Air kelapa muda hijau
Dapat meringankan demam

7. Kencur
Buat serak-serak. Tapi niat berobat dan tahan harum sedapnya.. hihi

0 komentar: